WORKSHOP
PEMBUATAN MODUL PENGUATAN PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA
SMA BAKTI IDHATA
SELASA 24 OKTOBER 2023
Apa itu projek penguatan profil pelajar Pancasila?
Berdasarkan Kepmendikbudristek No.262/M/2022, Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Prinsip P5
- Merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek
- Dirancang untuk menguatkan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila
- Pelaksanaannya dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaannya
- Dirancang terpisah dari intrakurikuler. (Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.)
- Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Prinsip Pengembangan P5
- Hoistik
- Eksporatif
- Berpusat pada m,uris
- Kontekstual
Tema Ps untuk tingkatan SMA ( Fase E dan F)
- Kearifan Lokal : Membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi tentang budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya
- Rekayasa dan Teknologi : Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya
- Kewirausahaan : Mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat
- Bhinneka Tunggal Ika : Mengenal belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman kelompok agama dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat sekitar dan di Indonesia serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya
- Gaya Hidup Berkelanjutan : Memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya
- Bangunlah Jiwa dan Raganya : Membangun kesadaran dan keterampilan untuk memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya.
- Suara Demokrasi : Merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang
berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dalam dunia kerja
Miskonsepsi Pembelajaran Projek dan Pembelajaran berbasis Projek
Miskonsepsi | Konsep yang Benar |
Projek profil adalah kegiatan integrasi dari berbagai mata pelajaran. | Struktur projek profil berbeda dan berada di luar struktur mata pelajaran |
Kegiatan projek profil wajib menghasilkan sebuah produk dalam bentuk barang untuk dipamerkan dalam gelaran karya. | Produk akhir projek profil bisa berupa aksi, kampanye, pertunjukkan, dsb dan tidak harus diakhiri oleh sebuah pameran |
Asesmen projek menyasar tema dan produk, bukan pada kompetensi sasaran | Asesmen projek fokus menyasar profil pelajar Pancasila yang menjadi tujuan pembelajaran. |
Pelaksanaan projek profil harus menggunakan anggaran/memerlukan biaya yang besar. | Pelaksanaan projek profil dapat mengoptimalkan aset/sumber daya yang ada tanpa memerlukan biaya yang besar |