Lembar Aksi Nyata Lokakarya

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Nama: Friska Valencia Yolanda, S.Pd.
Nama Sekolah: SMA Bakti Idhata
Unsur: Guru
Nama Fasilitator: Euis Tresna, S.Pd., M.Si.
PSP Angkatan: Angkatan 2

Petunjuk pengisian.

Materi lokakarya
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Judul aksi nyata
Alur Tahapan dan Miskonsepsi  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Latar belakang aksi nyata
Latar belakang dilaksanakannya aksi nyata berupa diskusi dan paparan materi ini didasari oleh permasalahan yang masih ada dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Saat ini, kegiatan proyek cenderung hanya terfokus pada perayaan/produk yang dihasilkan pada akhir tema dan kurang memberikan penguatan pada dimensi dan elemen terkait yang seharusnya menjadi inti dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan yang terlalu banyak terfokus pada perayaan bisa mengurangi esensi dari pembentukan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Penilaian yang masih kurang maksimal dalam pelaksanaannya dan hanya dilihat pada hasil akhir juga menjadi permasalahan dalam penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian, ada kebutuhan untuk menyoroti dan memperbaiki pendekatan yang digunakan dalam proyek-proyek tersebut.   Kurangnya penguatan pada dimensi dan elemen serta sistem penilaian yang menjadi tujuan utama dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menimbulkan kebingungan di kalangan para pelaksana dan pengelola pendidikan serta. Hal ini berpotensi mengurangi dampak yang seharusnya dihasilkan oleh program tersebut. Adanya fokus yang terlalu banyak pada aspek perayaan tanpa memperhatikan penguatan esensial nilai-nilai Pancasila di dalam kegiatan proyek merupakan perhatian krusial yang perlu segera diatasi.
Ceritakan aksi nyata yang dilakukan
Aksi nyata yang dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2023 di aula Yayasan Bakti Idhata memiliki tujuan yang sangat penting bagi para guru di SMA Bakti Idhata. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para guru tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dengan pemahaman yang lebih kuat, para guru diharapkan mampu mengimplementasikan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di kelas dengan lebih efektif.   Selain itu, aksi nyata ini juga bertujuan untuk mendorong diskusi yang konstruktif. Diskusi ini dimaksudkan untuk membantu para guru menemukan solusi atau strategi yang dapat diadaptasi dari permasalahan yang mungkin mereka hadapi dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Miskonsepsi yang terjadi selama proses pembelajaran Projek ini juga akan dituntaskan melalui diskusi atau paparan yang mengulas kembali materi-materi yang telah disampaikan pada lokakarya sebelumnya.   Pentingnya aksi nyata ini diperkuat dengan fakta bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada saat yang bersamaan dengan workshop modul ajar di SMA Bakti Idhata. Hal ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta merumuskan solusi yang lebih efektif terkait implementasinya.   Dengan demikian, aksi nyata ini menjadi langkah konkret dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Bakti Idhata, sekaligus memastikan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat dijalankan dengan sukses oleh para guru, sehingga memberikan manfaat maksimal bagi perkembangan karakter siswa.
Pembelajaran yang didapatkan saat melakukan aksi nyata
Pembelajaran yang saya dapatkan ketika melakukan pengimbasan lokakarya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu saya jadi memahami dengan sempurna hasil lokakarya yang saya ikuti. Saya juga dapat menyebarkan konsep Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kepada teman sejawat sehingga rekan-rekan memahami secara utuh konsep Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan membenahi kesalahan yang terjadi sebelumnya. Kemudian, dengan adanya pengimbasan lingkup kerja menjadi lebih harmonis, kolaboratif, kompak dan selaras karena menjadi satu pemikiran dan disiplin dalam menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Dokumentasi aksi nyata