WORKSHOP

PEMBUATAN MODUL PENGUATAN PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA

SMA BAKTI IDHATA

SELASA 24 OKTOBER 2023

Apa itu projek penguatan profil pelajar Pancasila?

Berdasarkan Kepmendikbudristek No.262/M/2022,  Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan  kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk  menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter  sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun  berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan  projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara  fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu  pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila  dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan  kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan  dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan  pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia  kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek  penguatan profil pelajar Pancasila.

Prinsip P5

  • Merupakan kegiatan kokurikuler  berbasis projek
  • Dirancang untuk menguatkan  kompetensi dan karakter sesuai  dengan profil pelajar Pancasila
  • Pelaksanaannya dilakukan secara  fleksibel, dari segi muatan, kegiatan,  dan waktu pelaksanaannya
  • Dirancang terpisah dari intrakurikuler.  (Tujuan, muatan, dan kegiatan  pembelajaran projek tidak dikaitkan  dengan tujuan dan materi pelajaran  intrakurikuler.)
  • Satuan pendidikan dapat melibatkan  masyarakat dan/atau dunia kerja  untuk merancang dan  menyelenggarakan projek penguatan  profil pelajar Pancasila.

Prinsip Pengembangan P5

  • Hoistik
  • Eksporatif
  • Berpusat pada m,uris
  • Kontekstual

Tema Ps untuk tingkatan SMA ( Fase E dan F)

  1. Kearifan Lokal : Membangun rasa ingin tahu dan  kemampuan inkuiri melalui  eksplorasi tentang budaya dan  kearifan lokal masyarakat sekitar  atau daerah tersebut, serta  perkembangannya
  2. Rekayasa dan Teknologi : Berkolaborasi dalam melatih  daya pikir kritis, kreatif, inovatif,  sekaligus kemampuan berempati  untuk berekayasa membangun  produk berteknologi yang  memudahkan kegiatan dirinya  dan juga sekitarnya
  3. Kewirausahaan : Mengidentifikasi potensi  ekonomi di tingkat lokal dan  masalah yang ada dalam  pengembangan potensi tersebut,  serta kaitannya dengan aspek  lingkungan, sosial dan  kesejahteraan masyarakat
  4. Bhinneka Tunggal Ika : Mengenal belajar membangun  dialog penuh hormat tentang  keberagaman kelompok agama  dan kepercayaan yang dianut oleh  masyarakat sekitar dan di  Indonesia serta nilai-nilai ajaran  yang dianutnya
  5. Gaya Hidup  Berkelanjutan   : Memahami dampak dari aktivitas  manusia, baik jangka pendek  maupun panjang, terhadap  kelangsungan kehidupan di dunia  maupun lingkungan sekitarnya
  6. Bangunlah Jiwa dan  Raganya : Membangun kesadaran dan  keterampilan untuk memelihara  kesehatan fisik dan mental, baik  untuk dirinya maupun orang  sekitarnya.
  7. Suara Demokrasi : Merefleksikan makna demokrasi  dan memahami implementasi  demokrasi serta tantangannya  dalam konteks yang

berbeda, termasuk dalam  organisasi sekolah dan/atau  dalam dunia kerja

Miskonsepsi Pembelajaran Projek dan Pembelajaran berbasis Projek

MiskonsepsiKonsep yang Benar
Projek profil adalah kegiatan integrasi dari berbagai  mata pelajaran.  Struktur projek profil berbeda dan berada di luar  struktur mata pelajaran
Kegiatan projek profil wajib menghasilkan sebuah produk  dalam bentuk barang untuk dipamerkan dalam gelaran karya.  Produk akhir projek profil bisa berupa aksi, kampanye,  pertunjukkan, dsb dan tidak harus diakhiri oleh sebuah  pameran
Asesmen projek menyasar tema dan produk, bukan pada  kompetensi sasaranAsesmen projek fokus menyasar profil pelajar Pancasila  yang menjadi tujuan pembelajaran.  
Pelaksanaan projek profil harus menggunakan  anggaran/memerlukan biaya yang besar.  Pelaksanaan projek profil dapat mengoptimalkan  aset/sumber daya yang ada tanpa memerlukan biaya yang  besar