TENTANG KURIKULUM

 

Pembelajaran dan asesmen yang berpusat pada peserta didik adalah hal yang penting dalam mencapai tujuan pendidikan, yaitu mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik. Untuk mencapai hal tersebut, pendidik perlu memiliki panduan yang dapat membantu dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Panduan ini berfungsi sebagai acuan dalam pembelajaran dan asesmen di kelas, yang mengacu pada standar proses dan standar penilaian. Standar ini digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang efektif dan efisien, serta dapat mengembangkan potensi, prakarsa, kemampuan, dan kemandirian peserta didik secara optimal.

Pembelajaran dan asesmen juga harus memberikan fleksibilitas kepada pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. Pembelajaran melibatkan aktivitas merumuskan tujuan pembelajaran dan cara mencapainya, sementara asesmen merupakan aktivitas untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung.

Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen dianggap sebagai satu siklus, di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, dan hasil asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran. Asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berfokus pada perkembangan kompetensi peserta didik. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran dan asesmen yang berpusat pada peserta didik akan membantu mencapai tujuan pendidikan secara lebih efektif.

 

Link e-book pembelajaran dan asesmen:

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf